Pembuatan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dengan Learning Cycle SE pada Materi Fluida Kelas XI

Manelza, Viskia (2019) Pembuatan LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dengan Learning Cycle SE pada Materi Fluida Kelas XI. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_VISKIA_MANELZA_15033019_2733_2019.pdf

Download (558kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan upaya dalam pembentukan suatu karakter manusia. Diperkuat dengan adanya Perpres No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Namun kenyataan di lapangan belum sesuai dengan harapan yang diinginkan pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan penyebaran angket kepada peserta didik di SMAN 1 Batang Anai. Diketahui bahwa rendahnya motivasi belajar peserta didik akibat kurangnya pelaksanaan praktikum dan penunjangnya seperti LKPD. Sesuai dengan Perpers No. 87 tahun 2017 tentang PPK, maka dalam LKPD perlu ditambahkan nilai-nilai karakter. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan menghasilkan produk berupa LKPD yang terintegrasi nilai-nilai karakter dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi fluida kelas XI yang valid. Penelitian yang dilakukan berfokus pada pembuatan lembar kerja peserta didik sesuai dengan langkah-langkah pembuatan lembar kerja perserta didik menurut Depdiknas(2008). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kevalidan LKPD yang telah dibuat secara sistematis dan tepat. Validasi dinilai oleh tiga dosen Fisika UNP dan satu guru fisika SMAN 1 Batang Anai yang dilakukan dua kali. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validitas dan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis validitas produk. Penelitian ini mendapatkan dua hasil penelitian, penelitian pertama menghasilkan produk berupa lembar kerja peserta didik yang terintegrasi nilai-nilai karakter dengan model Learning Cycle 5E pada materi fluida kelas XI dan hasil penelitian kedua adalah hasil uji validitas yang dilakukan dua kali untuk mendapatkan produk yang valid. Pada validitas pertama didapatkan nilai 84 dan nilai validitas kedua 92 dengan kriteria sangat valid. Pada validitas pertama didapatkan validitas isi adalah sebesar 80 dengan kriteria validitas valid. Pada validitas konstruk didapatkan 86,5 dengan kriteria sangat valid. Pada penilaian validitas yang kedua didapatkan nilai dari validitas isi menjadi 93 dan validitas konstruk adalah 94,5 dengan kriteria sangat valid. Jadi, kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD terintegrasi nilai-nilai karakter dengan Learning Cycle 5E sangat layak digunakan dalam pembelajaran pada materi fluida kelas XI. Kata Kunci: LKPD, Nilai-Nilai Karakter, Learning Cycle 5E, Validitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Nov 2019 01:40
Last Modified: 07 Nov 2019 01:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24006

Actions (login required)

View Item View Item