Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 13 Padang

Monery S, Kresy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Bermuatan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_KRESY_MONERYS_15031069_2783_2019.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Masalah yang terdapat di SMPN 13 Padang salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu penerapan model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains pada materi sistem pemapasan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains terhadap kompetensi belajar peserta didik pada materi sistem pemapasan manusia kelas VIII di SMPN 13 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Populasi pada penelitian ini seluruh kelas VIII di SMPN 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel pada penelitian ini kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol dan VIII.3 sebagai kelas eksperimen yang pilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kompetensi pengetahuan peserta didik kelas eksperimen 73,25 > kelas kontrol 67,13 (thitung 2,83 > 1tabel 1,67), pada kompetensi sikap kelas eksperimen 81,31 > 73 ,28 (thitung 5, 77 > ttabeil,67) dan pada kompetensi keterampilan kelas eksperimen 83,91 > kelas kontrol 79,59 (thitung 1,91 > ttabel 1,67) yang berarti hipotesis diterima. Kesimpulan pada penelitian ini adalah model pembelajaran scramble bermuatan literasi sains memiliki pengaruh positif terhadap kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik SMPN 13 Padang. Kata kunci: Model Pembelajaran Scramble, Literasi Sains, Kompetensi Be/ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item