Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Pelajaran Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X

Deswita, Desi (2018) Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri pada Materi Pelajaran Hukum Newton tentang Gerak dan Gravitasi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DESI_DESWITA_14033006_4010_2018.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya literasi sains siswa, bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran belum memfasilitasi siswa untuk meningkatkan literasi sains siswa dan pembelajaran yang dilakukan masih cenderung berpusat pada guru. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan bahan ajar fisika berbasis inkuiri. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menentukan validitas, praktikalitas, dan efektivitas dari bahan ajar fisika berbasis inkuiri dan RPP pada materi hukum newton tentang gerak dan gravitasi untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA kelas X. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis Research and Development (R&D). Objek dari penelitian ini adalah bahan ajar fisika berbasis inkuiri dan RPP yang diuji cobakan kepada siswa kelas X SMAN 9 Padang. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen analisis buku, instrumen respon guru terhadap pelaksanaan pembelajaran, instrumen respon kebutuhan siswa, instrumen validitas, instrumen praktikalitas, dan instrumen tes literasi sains. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdiri atas tiga hasil. Pertama, bahan ajar fisika berbasis inkuiri dan RPP memiliki kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 82,78 dan 86,39. Kedua, penggunaan bahan ajar fisika berbasis inkuiri dan RPP sangat praktis dengan nilai rata-rata menurut respon guru dan siswa yaitu 92,14 dan 81,46 serta nilai rata-rata RPP menurut respon guru yaitu 91,42. Ketiga, penggunaan bahan ajar fisika berbasis inkuiri efektif digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains siswa SMA kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24001

Actions (login required)

View Item View Item