Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Model Problem Based Leaning terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok

Grafeno, Difata (2018) Pengaruh Penggunaan LKPD Berbasis Model Problem Based Leaning terhadap Pencapaian Kompetensi Fisika Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DIFATA_GRAFENO_1301636_3226_2018.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Pencapaian kompetensi fisika peserta didik belum menunjukkan hasil yang optimal. Salah satu faktor penyebabnya adalah peserta didik kurang aktif selama proses pembelajaran karena model pembelajaran yang digunakan guru belum bervariasi. Pembelajaran fisika membutuhkan sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik salah satunya bahan ajar. Bahan ajar yang dimaksud dapat meningkatkan kompetensi peserta didik adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis model Problem Based Learning terhadap pencapaian kompetensi fisika peserta didik kelas XI SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini Quasi Experiment Design dengan rancangan Randomized Group Only Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Kubung Kabupaten Solok tahun ajaran 2017/2018 dengan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Dua kelas sampel yaitu XI MIPA 2 yang menggunakan LKPD berbasis model Problem Based Learning sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 menggunakan LKPD biasa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini pada kompetensi pengetahuan adalah tes tulis. Data yang diperoleh diuji secara statistik menggunakan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan kelas yang menggunakan LKPD berbasis model Problem Based Learning memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak menggunakan LKPD berbasis model Problem Based Learning. Pada kompetensi pengetahuan didapatkan rata – rata nilai kelas kontrol adalah 70,21 dan rata – rata kelas eksperimen 75,31. Hasil uji statistik yang dilakukan menunjukkan perbedaan rata-rata nilai kedua kelas ini memiliki keberartian pada taraf nyata 0,05 dengan nilai thitung>ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti penggunaan LKPD berbasis model Problem Based Learning terhadap pencapaian kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/24000

Actions (login required)

View Item View Item