Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Pelajaran Ipa Terpadu Model Sequenced dengan Tema Sistem Adaptasi Tubuh Manusia Pada Suhu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 8 Padang

Devialita, Asri (2018) Pengaruh Penggunaan Buku Siswa Pelajaran Ipa Terpadu Model Sequenced dengan Tema Sistem Adaptasi Tubuh Manusia Pada Suhu Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMPN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ASRI_DEVIALITA_14033077_3670_2018.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA SMP pada Kurikulum 2013 dikembangkan sebagai mata pelajaran Integrative science dimana memadukan mata pelajaran Fisika, Biologi, dan Kimia. Kondisi nyata disekolah menunjukkan bahwa keterpaduan materi IPA yang masih diajarkan secara terpisah. Solusi dari masalah ini adalah menerapkan Buku Siswa Pelajaran IPA Terpadu Model Sequenced dengan Tema Sistem Adaptasi Tubuh Manusia Pada Suhu. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh penggunaan buku siswa pelajaran IPA Terpadu Model Sequenced dengan Tema Sistem Adaptasi Tubuh Manusia Pada Suhu terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMPN 8 Padang. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 8 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel pada penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol sebanyak 64 siswa. Intrumen penelitian terdiri dari lembar tes hasil belajaran untuk menilai aspek pengetahuan, dan lembar penilaian kinerja untuk menilai aspek keterampilan siswa. Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, uji kesamaan dua rata-rata, regresi linear sederhana, dan uji korelasi pada taraf nyata 0,05 untuk kedua aspek kompetensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data untuk aspek pengetahuan, dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pengetahuan pada kelas eksperimen 82,96 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 74,68. Hasil uji t diperoleh hasil belajar memiliki thitung> ttabel. Hasil rata-rata keterampilan pada kelas eksperimen 81,51 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 78,03 hasil uji t diperoleh hasil beljar memiliki thitung> ttabel, dengan demikian perbedaan kemampuan siswa signifikan pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis korelasi didapatkan koefisien korelasi pada aspek pengetahuan sebesar 0,6689. Perolehan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan buku siswa IPA Terpadu model sequenced tema sistem adaptasi tubuh manusia pada suhu pada aspek pengetahuan peserta didik dengan kontribusi sebesar 44,7%. Hasil analisis korelasi didapatkan koefisien korelasi pada aspek Keterampilan sebesar 0,4150. Perolehan ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berarti pada penggunaan buku siswa IPA Terpadu model sequenced tema sistem adaptasi tubuh manusia pada suhu pada aspek keterampilan peserta didik denan kontribusi sebesar 17,22%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23999

Actions (login required)

View Item View Item