Pembuatan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Nilai Kecerdasan Emosional Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA

Putri, Aufha Diny (2018) Pembuatan Bahan Ajar Fisika Terintegrasi Nilai Kecerdasan Emosional Materi Gerak Parabola dan Gerak Melingkar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_AUFHA_DINY_PUTRI_14033078_4181_2018.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika menurut kurikulum 2013 menuntut peserta didik mampu meningkatkan dan menyeimbangkan kemampuan soft skill dan hard skill berupa sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pendidikan karakter. Faktanya, buku sumber yang digunakan peserta didik di sekolah lebih menekankan pada kompetensi pengetahuan dan keterampilan. Solusi dari masalah ini yaitu membuat bahan ajar fisika terintegrasi nilai kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar fisika terintegrasi nilai kecerdasan emosional pada materi gerak parabola dan gerak melingkar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur penelitian ini dilakukan dengan menggunakan enam langkah yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan ujicoba produk. Objek penelitian ini adalah bahan ajar terintegrasi nilai kecerdasan emosional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, lembar test hasil belajar dan lembar penilaian sikap. Teknik analasis data yang digunakan adalah konversi skor ke nilai, teknik analisis statistik deskriptif dan uji perbandingan berkorelasi. Berdasarkan analisis data dapat dikemukakan tiga hasil dari penelitian ini. Pertama, validitas bahan ajar terintegrasi nilai kecerdasan emosional berada dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 85,83. Kedua, penggunaan bahan ajar terintegrasi nilai kecerdasan emosional adalah praktis menurut guru dan peserta didik dengan nilai rata-rata masing- masing 88,1 dan 82. kedua nilai rata-rata dapat dikelompokkan kedalam kategori sangat tinggi. Ketiga, penggunaan bahan ajar terintegrasi nilai kecerdasan emosional pada materi gerak parabola dan gerak melingkar adalah efektif dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan kompetensi pengetahuan dan kompetensi sikap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23998

Actions (login required)

View Item View Item