Pengernbangan Media Pernbelajaran Powerpoint lnteraktif Berbasis Inkuiri Terbirnbing Pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII SMA/MA.

Murnri, Auza Fadila (2019) Pengernbangan Media Pernbelajaran Powerpoint lnteraktif Berbasis Inkuiri Terbirnbing Pada Materi Reaksi Redoks Kelas XII SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_AUZA_FADILA_MUMRI_15035095_2682_2019.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 telah diterapkan secara bertahap di SMA/SMK/MA dengan menekankan pada pendekatan saintifik. Berdasarkan keadaaan di lapangan, guru telah menggunakan pendekatan saintifik, akan tetapi terdapat kendala yang ditemukan dalam pelaksanaannya di lapangan seperti, siswa lebih cendrung untuk menerima konsep yang diberikan oleh guru dari pada mencoba menemukan konsep terlebih dahulu, siswa membutuhkan waktu yang lama dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan siswa kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga, salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melalui media pembelajaran yaitu powerpoint interaktif. Penelitan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi redoks kelas XII SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah reseach and development (R&D), dengan model pengembangan yang digunakan adalah four D models (4-D), yang terdiri atas tahap: (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4) disseminate. Akan tetapi, penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap develop yaitu dengan pengujian tingkat validitas dan praktikalitas media pembelajaran melalui pemberian angket validasi dan praktikalitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan formula Kappa Cohen. Berdasarkan hasil penelitian pada uji validitas dan praktikalitas media pembelajaran powerpoint interaktif, menyatakan bahwa media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada materi reaksi redoks kelas XII SMA/MA yang dikembangkan telah valid, dengan nilai momen kappa sebesar 0.91, dan praktis dengan nilai momen kappa sebesar 0.93 dan 0.90 yang memiliki kategori kepraktisan yang sangat tinggi, sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media powerpoint interaktif, inkuri terbimbing, reaksi redoks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2019 07:20
Last Modified: 06 Nov 2019 07:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23997

Actions (login required)

View Item View Item