Elektrodeposisi Zn pada Titanium Dioksida untuk Aplikasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dengan Ekstrak Kulit Jengkol Sebagai Zat Warna.

Agdisti, Nurul Fadhillah (2019) Elektrodeposisi Zn pada Titanium Dioksida untuk Aplikasi Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dengan Ekstrak Kulit Jengkol Sebagai Zat Warna. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NURUL_FADHILLAH_AGDISTI_15036072_3068_2019.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) adalah sel surya yang menggunakan zat wama sebagai penyerap foton dari cahaya matahari. DSSC berbasis titanium dioksida menggunakan zat wama alami masih memiliki efisiensi yang rendah meskipun ramah lingkungan dan murah. Efisiensi DSSC yang rendah karena terjadi rekombinasi elektron yang terinjeksi dengan elektrolit disebabkan perbedaan celah pita yang kecil. Elektrodeposisi Zn berperan dalam membentuk lapisan penghalang dan memodifikasi Ti02 untuk mengurangi rekombinasi elektron dan meningkatkan efisiensi DSSC. Tegangan dan waktu elektrodeposisi Zn mempengaruhi efisiensi DSSC sehingga dilakukan variasi tegangan dan waktu untuk menentukan kondisi optimum yang menghasilkan DSSC dengan efisiensi yang tinggi. Penelitian ini dimulai dengan preparasi kaca ITO untuk membersihkan kaca ITO dari kotoran. Kaea ITO yang telah bersih diberi scotch tape dan dilapisi dengan pasta Ti02. Lapisan Ti02 kemudian di keringkan dalam oven untuk membentuk lapisan yang melekat pada kaca. Lapisan Ti02 dielektrodeposisi Zn menggunakan larutan ZnS04 dengan variasi tegangan dan variasi waktu. Lapisan Zn-Ti02 yang terbentuk direndam dalam zat wama yang telah dikopigmentasi kemudian dirakit menjadi DSSC menggunakan komponen lain DSSC yang telah dipreparasi dan diuji menggunakan multimeter. Zat wama dari kulit jengkol dikarakterisasi menggunakan UV-Vis dan FTIR. Lapisan Zn-Ti02 dikarakterisasi menggunakan XRD untuk menentukan ukuran kristal, struktur kristal dan pengaruh elektrodeposisi Zn terhadap Ti02. Hasil analisa XRD menunjukkan bahwa terjadi penurunan ukuran kristal Ti02 dan masih terdapat ZnS04 pada Ti02. Penurunan ukuran kristal akan menyebabkan kenaikan luas permukaan pada Ti02 sehingga meningkatkan efisiensi DSSC. Efisiensi DSSC yang menggunakan elektrodeposisi Zn pada Ti02 (Zn-Ti02) mengalami kenaikan dibandingkan DSSC menggunakan Ti02 mumi yaitu dari 0,8% menjadi 4,14% pada tegangan elektrodeposisi 1 V. Kenaikan ini terjadi karena terbentuk lapisan penghalang proses rekombinasi elektron dengan elektrolit dan terjadi kenaikan luas permukaan Ti02. Tegangan dan waktu optimum elektrodeposisi Zn pada Ti02 yaitu 1 V dan 15 detik dengan efisiensi DSSC yang dihasilkan yaitu 6,00%. Kata kunci : DSSC, elektrodeposisi Zn, Titanium dioksida, kulit jengkol, kopigmentasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:50
Last Modified: 06 Nov 2019 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23996

Actions (login required)

View Item View Item