Pengembangan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas X SMA/MA

Yuliantika, Dini (2019) Pengembangan Modul Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Pertanyaan Probing Prompting untuk Kelas X SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_DINI_YULIANTIKA_15035100_2681_2019.pdf

Download (486kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan berpikir siswa dengan menekankan pada pendekatan saintifik. Namun dalam pelaksanaannya guru masih terkendala untuk menjadikan siswa aktif dalam pembelajaran. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan pemberian pertanyaan dalam proses belajar sehingga keterampilan berpikir siswa dapat ditingkatkan. Jenis pertanyaan yang dapat digunakan adalah probing dan prompting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang berbasiskan pendekatan saintifik dengan tiap tahapannya memuat pertanyaan yang bersifat menggali (probing) dan menuntun (prompting) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan melalui tahap-tahap model pengembangan 4-D. Tahap penelitian yang dilakukan diantaranya 1) tahap define, 2) tahap design, 3) tahap develop dan tahap disseminate. Namun penelitian dibatasi hingga tahap develop. Modul yang dihasilkan dilakukan uji validitas dan praktikalitas melalui pemberian angket validitas dan praktikalitas. Data yang diperoleh diolah menggunakan formula kappa Cohen. Berdasarkan hasil penelitian uji validitas modul terhadap 5 orang validator (2 orang dosen dan 3 orang guru) diperoleh momen kappa sebesar 0,86 dengan kategori kevalidan sangat tinggi. Sementara itu, berdasarkan uji praktikalitas yang dilakukan di SMAN 1 2x 11 Enam Lingkung oleh 3 orang guru dan 29 orang siswa diperoleh masing-masing momen kappa 0,89 dan 0,86 dengan kepraktisan sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa modul larutan elektrolit dan non elektrolit berbasis pendekatan saintifik dengan pertanyaan probing prompting untuk Kelas X SMA/MA telah valid dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Pendekatan Saintifik, Probing Prompting, Model 4-D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Nov 2019 01:50
Last Modified: 06 Nov 2019 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23993

Actions (login required)

View Item View Item