Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Payakumbuh

Rahmi, Dwi Novia and Jazwinarti, Jazwinarti (2019) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMPN 3 Payakumbuh. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 8 (4). pp. 122-128. ISSN 2656-4246

[img]
Preview
Text
Jurnal Dwi Novia Rahmi (15029094)-1.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

alah satu tujuan pembelajaran matematika yaitu pemahaman konsep matematika, namun di SMP Negeri 3 Payakumbuh kemampuan ini masih rendah. Jika kemampuan ini rendah, maka akan berpengaru pada kemampuan nmatematis lainnya. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan apakah pemahaman konsep peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match lebih baik dari pemahaman konsep pesertaadidik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah quasy experiment. Populasinya kelas VIII SMP Negeri 3 Payakumbuh tahun pelajaran 2019/2020 dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII 8 sebagai kelas eksperimen dan VIII 9 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Data hasil tes dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan nalisis tes akhir diperoleh P-value = 0,012, artinya Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe Make a Match lebih baik daripada Pemahaman Konsep Matematika peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensiona

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:41
Last Modified: 05 Nov 2019 01:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23987

Actions (login required)

View Item View Item