Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Mikroorganisme untuk Peserta Didik SMA Kelas X".

Rahmawati, Indri (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Topik Mikroorganisme untuk Peserta Didik SMA Kelas X". Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INDRI_RAHMAWATI_17177017_2832_2019.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMAN 5 Pekanbaru diperoleh data bahwa bahan ajar yang digunakan peserta didik adalah buku teks terbitan swasta dan LKPD yang dibuat oleh tim MGMP Biologi SMA Pekanbaru. LKPD hanya berisi pertanyaan yang cenderung tekstual sehingga langsung mengantar peserta didik melakukan penyelidikan tanpa didahului dengan mengarahkan peserta didik kepada suatu permasalahan, tidak menyajikan gambar yang konkrit, dan LKPD yang digunakan peserta didik belum sesuai dengan tuntutan K13 yaitu mengacu pada salah satu model pembelajaran yang direkomendasikan K13. Berdasarkan hal tersebut maka dikembangkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model Plomp yang terdiri atas tahap investigasi awal (prelimenary research), pembuatan prototype (development or prototyping phase), dan penilaian (assessment phase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN 5 Pekanbaru dan guru SMAN 5 Pekanbaru. Data diperoleh melalui angket uji validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing memperoleh nilai 96, 71 % dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas menurut respon guru adalah 87 ,50% dengan kategori sangat praktis, sedangkan nilai praktikalitas menurut peserta didik adalah 83,66% dengan kategori sangat praktis. Serta sangat efektif, hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kompetensi kognitif, afektif dan psikomotor peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing pada topik mikroorganisme untuk peserta didik SMA kelas X dapat digunakan dan dinyatakan valid, praktis, serta efektif. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Nov 2019 01:35
Last Modified: 05 Nov 2019 01:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23983

Actions (login required)

View Item View Item