Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs KELAS VII Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami

Safitri, Ardila (2018) Analisis Kesesuaian Materi IPA dengan Tujuan Kurikulum pada Buku Teks Pelajaran IPA SMP/MTs KELAS VII Semester 2 untuk Diintegrasikan dengan Materi Tsunami. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ARDILA_SAFITRI_14033074_4178_2018.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara yang sering mengalami bencana alam. Upaya mitigasi bencana yang harus dilakukan yaitu menambahkan pengetahuan dan pemahaman tentang bencana melalui pendidikan. Mata pelajaran yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi bencana adalah mata pelajaran IPA. Struktur kurikulum untuk satuan pendidikan adalah pendidikan yang sesuai dengan potensi keunggulan daerah dan kebutuhan/tuntutan daerah. Hal inilah yang menyebabkan pembelajaran IPA yang terintegrasi dengan materi Tsunami cocok sekali diterapkan di Indonesia terutama daerah Sumatera Barat. Keterlaksanaan kurikulum 2013 tergantung pada keterlaksanaan Standar Isi yang menjadi celah untuk mengintegrasikan materi IPA dengan materi Tsunami dan Standar Sarana dan Prasarana yaitu buku teks pelajaran. Perlu adanya pengembangan buku teks pelajaran yang terintegrasi dengan materi Tsunami. Namun sebelum mengintegrasikan materi Tsunami dengan materi IPA, perlu adanya analisis untuk melihat tingkat kesesuaian materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA yang digunakan dan perlu adanya analisis untuk melihat materi IPA yang sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tsunami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesesuain materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 dan untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 dengan materi Tsunami. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Populasi data dalam penelitian ini adalah seluruh buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semeter 2 yang diterbitkan di Indonesia dan Sampel data dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 yang diterbitkan oleh Kemendikbud edisi revisi tahun 2017 yang ditulis oleh Wahono widodo, dkk dan yang diterbitkan oleh Erlangga yang ditulis oleh Eka purjiyanta, dkk. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen penilaian dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesesuain materi IPA dengan tujuan kurikulum pada buku teks pelajaran IPA yang diterbitkan oleh Kemendikbud edisi revisi tahun 2017 adalah 71,2% dengan kategori cukup sesuai dan pada buku teks pelajaran yang diterbitkan oleh Erlangga adalah 80,2% dengan kategori sesuai. Kemudian tingkat kesesuaian materi IPA pada buku teks pelajaran IPA SMP/MTs kelas VII semester 2 dengan materi Tsunami adalah 32,8% dengan kategori tidak sesuai. Buku teks pelajaran IPA yang diterbitkan oleh Erlangga memiliki tingkat kesesuaian yang lebih tinggi dan materi IPA kelas VII semester 2 tidak sesuai untuk diintegrasikan dengan materi Tsunami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:57
Last Modified: 04 Nov 2019 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23980

Actions (login required)

View Item View Item