Penerapan Standard Operating Procedure Cleaning Bathroomdi Suite Room Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta

Sevratania, Nia (2019) Penerapan Standard Operating Procedure Cleaning Bathroomdi Suite Room Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_NIA_SEVRATANIA_17215007_2672_2019.pdf

Download (634kB) | Preview

Abstract

Penulisan Proyek Akhir ini berawal dari wawancara singkat penulis dengan beberapa staff Housekeeping Departement mengenai Penerapan Standard Operating Procedure Cleaning Bathroom di Suite Room Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta yang masih kurang baik dalam proses pengerjaan cleaning bathroom, karena masih terdapatnya Roomboy dalam melakukan cleaning bathroom belum bersih dan tidak teliti dalam pengerjaannya dan belum sesuai dengan SOP yang ada di hotel. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan Standard Operating Procedure Cleaning Bathroom di Suite Room Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah deskriptif data kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penulisan ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan observasi yang dilakukan pada tanggal 14 Januari 2019-28 Februari 2019 di jalan Cut Meutia 09, Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia. Sumber data adalah 1 orang supervisor dan 4 orang roomboy. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penulisan Proyek Akhir ini menunjukkan bahwa secara umum Penerapan Standard Operating Procedure Cleaning Bathroom di Suite Room Sofyan Hotel Cut Mutia Jakarta adalah 1) sebagian roomboy belum membersihkan washbasin dan cermin sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh hotel 2) semua roomboy sudah membersihkan toilet bowl dengan bersih dan mengikuti langkah-langkah dalam SOP hotel 3) semua roomboy sudah membersihkan bathub dan shower dengan benar dan bersih sesuai langkah kerja yang diberikan oleh pihak hotel 4) semua roomboy sudah membersihkan dinding kamar mandi dengan benar dan bersih dengan metode searah jarum jam 5) sebagian roomboy tidak melengkapi guest supplies dan amenities di bathroom sehingga terjadinya complaint oleh tamu 6) sebagian roomboy tidak menyikat lantai kamar mandi dan hanya melakukan mopping pada lantai. Kata kunci: Standard Operating Procedure, Cleaning Bathroom,Suite Room Sofyan Hotel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:56
Last Modified: 04 Nov 2019 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23961

Actions (login required)

View Item View Item