Pengaruh Penggunaan Mordan Jeruk Lemon (Citrus Limon) dan Arang Sebagai Adsorben Terhadap Basil Warna Daun Pacar (Lawsonia Inermis).

Rahmanizer, Rahmanizer (2019) Pengaruh Penggunaan Mordan Jeruk Lemon (Citrus Limon) dan Arang Sebagai Adsorben Terhadap Basil Warna Daun Pacar (Lawsonia Inermis). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHMANIZER_1202235_2761_2019.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Daun pacar (lawsonia inermis) merupakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk mewamai kulit. Kandungan lawsone pada daun pacar dapat diekstrak sebagai wama kuning jingga maupun wama orange yang sangat pekat saat digunakan sebagai pewama kulit, kuku, rambut, kain sutra dan wol. Penggunaan daun pacar sebagai pewama alami kulit belum dimanfaatkan secara optimal karena masyarakat cenderung memilih henna instant. Untuk mengoptimalkan penggunaan daun pacar sebagai pewama alami kulit penulis menggunakan mordan jeruk lemon dan adsorben arang sebagai pembangkit wama daun pacar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan mordan j eruk lemon dan adsorben arang terhadap hasil wama daun pacar . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Objek dalam penelitian ini adalah kulit tangan yaitu bagian telapak tangan. Sampel diambil dari 3 orang mahasiswa yang diberikan 3 perlakuan berbeda menggunakan daun pacar. Data yang terkumpul dari penelitian ini berupa data primer yang diperoleh langsung dari sampel. data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik presentase. Berdasarkan hasil data penelitian, diperoleh wama (hue) yang dihasilkan pada pewamaan kulit menggunakan daun pacar tanpa mordan yakni 4 orang panelis atau 66,67 % meyatakan apricot, 1 orang panelis atau 16,67% meyatakan Carrot dan 1 orang panelis atau 16,67% meyatakan Ochre. Hasil wama daun pacar tanpa menggunakan mordan yaitu oranye aprikot. Hasil penilaian panelis terhadap pewamaan menggunakan daun pacar dengan mordan lemon 5 orang panelis atau 83,33% meyatakan Squash, 1 orang panelis atau 16,67% meyatakan Ginger. Arah wama yang dihasilkan yaitu oranye gelap. Sedangkan hasil wama menggunakan daun pacar dengan mordan lemon dan adsorben arang 6 orang panelis atau 100% meyatakan Bronze, arah wama yang dihasilkan yaitu oranye tembaga. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan mordan j eruk lemon dan adsorben arang pada pewamaan kulit menggunakan daun pacar. Berdasarkan pengujian normalitas yang telah dilakukan maka diperoleh bahwa data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas yang telah dilakukan maka diperoleh bahwa ketiga data memiliki varian yang sama (homogen). Berdasarkan uji anova diperoleh Fhitung sebesar 4.375, sedangkan nilai Ftabel 3.34. dengan demikian Fhitung > Ftabel (4.375>3.34) hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil gelap terang wama wama (value) pada pewamaan kulit menggunakan daun pacar tanpa penggunaan mordan, menggunakan mordan j eruk lemon, dan mordan jeruk lemon (citrun) dengan adsorben arang ditolak. Keywords: daun pacar, mordan, adsorben

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:56
Last Modified: 04 Nov 2019 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23960

Actions (login required)

View Item View Item