Pengaruh Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Momentum dan Gerak Harmonis terhadap Peningkatan Kompetensi Holistik Siswa Kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Hannum, Anisah (2018) Pengaruh Bahan Ajar Interaktif Bermuatan Karakter dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Momentum dan Gerak Harmonis terhadap Peningkatan Kompetensi Holistik Siswa Kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ANISAH_HANNUM_14033001_3190_2018.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran guru masih menggunakan bahan ajar cetak yang hanya berisikan materi dan contoh soal saja sehingga kurang menarik bagi siswa. Bahan ajar interaktif bermuatan nilai karakter dengan pendekatan saintifik telah dikembangkan oleh Mici Dwi Dede Martha, bahan ajar ini telah teruji validitas dan praktikalitasnya namun belum teruji efektivitasnya. Oleh sebab itu peneliti menggunakan bahan ajar Interaktif ini untuk mengetahui perngaruhnya pada peningkatan kompetesi holistik siswa kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental Designs dengan OneGroup Pretest-postest. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 1 dengan jumlah 30 orang, yang diambil dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data berupa tes tertulis pre-test dan post-test untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap, rubrik penskoran untuk kompetensi keterampilan serta nilai tugas pada modul interaktif yang digunakan. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji regresi linier dan korelasi product-moment pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan antara bahan ajar interaktif dengan kompetensi holistik siswa. Pada kompetensi pengetahuan didapatkan koefisien regresi sebesar 0,84 dan persentase koefisien determinasi 70%, pada kompetensi sikap koefisien regresi sebesar 0,83 dan persentase koefisien determinasi 68% serta pada kompetensi keterampilan koefisien regresi sebesar 0,78 dan persentase koefisien determinasi 61%. Hipotesis kerja yang berbunyi “terdapat pengaruh yang berarti pada bahan ajar interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan kompetensi holistik siswa kelas X di SMA Pembangunan Laboratorium UNP” secara kuantitatif dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dengan demikian, bahan ajar interaktif bermuatan karakter dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan kompetensi holistik siswa pada aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:55
Last Modified: 04 Nov 2019 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23956

Actions (login required)

View Item View Item