Rancang Bangun Mesin Pengolahan Biji Kakao menjadi Coklat Siap Konsumsi sebagai Upaya Peningkatan Komoditi Daerah Kamang Hilia Kabupaten Agam

Putra, Zonny Amanda and Irzal, Irzal and Syahrul, Syahrul (2019) Rancang Bangun Mesin Pengolahan Biji Kakao menjadi Coklat Siap Konsumsi sebagai Upaya Peningkatan Komoditi Daerah Kamang Hilia Kabupaten Agam. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
1_748_lapakh_LaporanAkhirPenelitianZonnyAmandaPutra.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Salah satu daerah pengahasil kakao terbaik di Sumatera Barat adalah kenagarian Kamang Hilia Kabupaten Agam. Pada tahun 2017 dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat peneliti melihat daerah ini sangat banyak produksi kakaonya. Saat ini, banyak petani rakyat menjual kakao dalam bentuk biji kering yang tidak terfermentasi. Hal ini justru merugikan para petani rakyat karena nilai tambah hanya didapat oleh para pembeli. Urgensi yang menjadi perhatian adalah bagaimana peningkatan komuditi daerah menjadi unggulan nilai tambah bagi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tepat guna. Secara umum tujuan penelitian ini adalah menciptakan komuditi daerah khususnya kenagarian Kamang Hilia pada bidang kakao menjadi unggulan produsen coklat di Sumatera Barat. Secara umum pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bersifat investigasi dan survei, yang dilaksanakan dengan teknik dan metode yang disesuaikan pada tujuan penelitian. Penelitian yang dilaksanakan ini membuat mesin pengolahan kakao dengan kapasitas kecil sehingga dapat dimanfaatkan oleh industri rumahan atau kelompok tani. Pada tahun pertama penelitian ini peneliti membuat tiga dari enam mesin yang diperlukan dalam pengolahan kakao. Mesin yang dibuat yaitu mesin roasting, mesin merejang biji kakao dan mesin pemasta biji kakao. Rangka mesin dibuat dengan menggunakan plat stainless untuk menjaga higienis dari coklat yang akan dihasilkan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:26
Last Modified: 31 Oct 2019 06:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23929

Actions (login required)

View Item View Item