Model Faktor Determinan yang Berpengaruh terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi

Mulianti, Mulianti and Ambiyar, Ambiyar (2019) Model Faktor Determinan yang Berpengaruh terhadap Produktivitas Pendidikan Vokasi. Project Report. Universitas Negeri Padang, Padang.

[img]
Preview
Text
1_754_lapakh_lappenelitianmuliantipdf1.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi validitas dan reliabilitas indikator dari faktor-faktor yang berperan pada produktivitas pendidikan vokasi; (2) menemukan model hubungan kausal antara faktor-faktor yang diduga mempengaruhi produktivitas pendidikan vokasi; (3) memperoleh model hubungan faktor-faktor determinan yang pengaruh terhadap produktivitas pendidikan vokasi. Penelitian ini adalah penelitian expost facto, variabel yang diduga mempengaruhi produktivitas pendidikan adalah kepemimpinan pengelola, suasana akademik, kompetensi dosen, sistem pembelajaran dan proses pembelajaran. Variabel bebas (exogenous) dalam penelitian ini adalah kepemimpinan pengelola, sedang variabel terikat (endogenous) adalah suasana akademik, kompetensi dosen, sistem pembelajaran, proses pembelajaran dan produktivitas pendidikan vokasi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket (kuisioner). Validasi instrumen dilakukan melalui expert judgment oleh para ahli dari Universitas Negeri Padang dan Politeknik Negeri Padang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi penelitian adalah lulusan pendidikan vokasi diploma 3 Universitas Negeri Padang dan Politeknik Negeri Padang. Teknik sampling menggunakan simple random sampling, dengan sumber data penelitian meliputi 580 responden terdiri atas lulusan pendidikan vokasi diploma 3 Universitas Negeri Padang dan Politeknik Negeri Padang. Analisis data dimulai dengan uji normalitas dan uji multikolonieritas. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), dengan bantuan program LISREL 8.8. Data penelitian dianalisis dengan estimasi asymptotic covariance matrix dengan analisis confirmatory factor analysis (CFA) dan model struktural. Penelitian tahun pertama telah diperoleh hasil berupa model faktor dan indikator yang beperan terhadap produktivitas pendidikan vokasi yang terbukti valid dan reliabel; terdapat 6 variabel dan 23 indikator. Penelitian Tahun pertama tersebut juga telah menghasilkan luaran satu buah jurnal masih berupa draft, dan salah satu luaran tambahan berupa keikutsertaan peneliti sebagai pemakalah dalam seminar/posiding. Pada tahun kedua diperolah model struktural dari faktor determinan yang berpengaruh terhadap produktivitas pendidikan vokasi. Dari model tersebut melalui beberapa tahapan analisis dan evaluasi diperoleh: hubungan kausal diantara faktor-faktor yang berperan pada produktivitas pendidikan vokasi; faktor yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas pendidikan vokasi; korelasi antara produktivitas pendidikan vokasi dengan variabel-variabel lain menurut kekuatan hubungan dari yang paling kuat sampai yang paling lemah. Terdapat faktor determinan yang berdapak terhadap produktivitas pendidikan vokasi : (a) kepemimpinan manajerial berpengaruh langsung sebesar 0,332, dan berpengaruh tidak langsung sebesar 0,307 melalui suasana akademik, kompetensi dosen, system pembelajaran dan proses pembelajaran; (b) suasana akademik berpengaruh tidak langsung sebesar 0,270, melalui kompetensi dosen, sistem pembelajaran dan proses pembelajaran; (c) kompetensi dosen berpengaruh tidak langsung sebesar 0,230, melalui sistem pembelajaran dan proses pembelajaran; (d) sistem pembelajaran berpengaruh tidak langsung sebesar 0,273, melalui proses pembelajaran; (e) proses pembelajaran berpengaruh langsung sebesar 0,379, sedang kepemimpinan manajerial dan proses pembelajaran bersama–sama mampu menjelaskan produktivitas pendidikan vokasi sebesar 45,8%. dan sisanya 44,2% dipengaruhi variabel lain di luar model. Faktor yang pengaruh signifikan dan positif secara langsung terhadap produktivitas pendidikan vokasi adalah managerial leadership (pimpinan pengelola) dan learning process (proses pembelajaran), sedang faktor yang berpengaruh secara tidal langsung terhadap produktvitas pendidikan vokasi adalah academic atmosphere (suasana akademik), lecturer competence (kompetensi dosen) dan learning system (sistem pembelajaran). Kekuatan pengaruh dari masing-masing faktor dari yang paling kuat hingga yang paling lemah berikut besar pengaruhnya berturut-turut adalah: adalah managerial leadership (pimpinan pengelola),0,639; learning process (proses pembelajaran), 0379; lecturer cometence (kompetensi dosen), 0230; learning system (sistem pembelajaran), 0,173; academic atmosphere (suasana akademik), 0,170.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:25
Last Modified: 31 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23926

Actions (login required)

View Item View Item