Pengaruh Pupuk Cair Organik Berbahan Dasar Sargassum sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus hybridus L.) dengan Teknik Hidroponik

Fajrisani, Syifa (2018) Pengaruh Pupuk Cair Organik Berbahan Dasar Sargassum sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Bayam (Amaranthus hybridus L.) dengan Teknik Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SYIFA_FAJRISANI_14032041_3348_2018.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Namun, produksi bayam berkurang karena lahan pertanian semakin sempit akibat jumlah penduduk yang semakin padat. Saat ini ada cara lain untuk memanfaatkan lahan sempit sebagai usaha untuk mengembangkan hasil pertanian, yaitu dengan bercocok tanam secara hidroponik dimana unsur hara diperoleh dari larutan nutrisi. Salah satu alternatif untuk mendapatkan nutrisi hidroponik adalah dengan menggunakan Sargassum sp. Sargassum sp. merupakan rumput laut yang sangat melimpah tetapi pemanfaatannya masih belum banyak dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar Sargassum sp. terhadap pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus hybridus L.) dengan teknik hidroponik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dilaksanakan mulai Maret sampai April 2018 di Laboratorium Penelitian dan rumah kawat Jurusan Biologi FMIPA UNP. Rancangan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 kali ulangan. Perlakuannya adalah A= pembanding (AB mix 10 mL/L air), B= pemberian pupuk organik cair Sargassum sp. 6 mL/L air, C= pemberian pupuk organik cair Sargassum sp. 8 mL/L air, D= pemberian pupuk organik cair Sargassum sp. 10 mL/L air, E= pemberian pupuk organik cair Sargassum sp. 12 mL/L air, F= pemberian pupuk organik cair Sargassum sp. 14 mL/L air. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman bayam, jumlah daun, luas daun, berat basah dan berat kering. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Analisis of Varians (ANOVA) dan uji lanjut Duncan New Multiple Range Test (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa pupuk organik cair berbahan dasar Sargassum sp. berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat basah, dan berat kering tanaman bayam (Amaranthus hybridus L.). Meskipun demikian, pengaruh yang terjadi tidak seperti yang diharapkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman bayam (Amaranthus hybridus L.)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:25
Last Modified: 31 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item