Isolasi Bakteri Endofit dari Akar Tumbuhan Andaleh (Morus macroura Miq.) dan Uji Potensinya sebagai Penghasil Senyawa Antimikroba

Yandila, Sisri (2018) Isolasi Bakteri Endofit dari Akar Tumbuhan Andaleh (Morus macroura Miq.) dan Uji Potensinya sebagai Penghasil Senyawa Antimikroba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SISRI_YANDILA_14032024_3406_2018.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Tumbuhan Andaleh dapat digunakan sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan Andaleh sebagai tumbuhan obat terkendala dengan semakin langkanya tumbuhan ini. Salah satu cara yang efisien untuk memperoleh senyawa bioaktif yang terdapat pada tumbuhan Andaleh ini adalah dengan mengisolasi bakteri endofit yang terdapat pada tumbuhan Andaleh. Bakteri endofit dapat diisolasi dari bagian akar. Bakteri endofit yang terdapat pada akar tumbuhan Andaleh dapat memproduksi metabolit sekunder berupa zat aktif yang sama dengan tumbuhan inangnya. Tujuan dari penelitan ini untuk mendapatkan isolat bakteri endofit yang ada pada akar tumbuhan Andaleh dan mengetahui potensinya sebagai penghasil senyawa antimikroba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2017 sampai bulan Februari 2018 di Laboratorium Penelitian Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Bakteri endofit dari akar tumbuhan Andaleh diisolasi dengan metode streak plate. Identifikasi bakteri dilakukan secara makroskopis dan mikroskopis. Uji potensi antimikroba dilakukan dengan metode difusi inokulasi titik . Hasil dari penelitian ini didapatkan 16 isolat bakteri endofit. Semua isolat bakteri endofit termasuk bakteri Gram positif berbentuk bacil /coccus. Empat isolat bakteri endofit berpotensi menghasilkan senyawa antimikroba. Isolat bakteri endofit dari akar tumbuhan Andaleh membentuk zona hambat pada Staphylococcus aureus (4 isolat), Escherichia coli (1 isolat) dan Candida albicans (2 isolat). Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan 16 isolat bakteri endofit dari akar tumbuhan Andaleh. Empat isolat berpotensi menghasilkan senyawa antimikroba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:25
Last Modified: 31 Oct 2019 06:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item