Efektivitas Ekstrak Daun Hyptis suaveolens (L.) Poit. dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Sclerotium rolfsii secara In Vitro

Primayani, Sherly Aulia (2018) Efektivitas Ekstrak Daun Hyptis suaveolens (L.) Poit. dalam Menghambat Pertumbuhan Jamur Sclerotium rolfsii secara In Vitro. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_SHERLY_AULIA_PRIMAYANI_14032023_3282_2018.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Sclerotium rolfsii merupakan jamur patogen penyebab busuk akar, busuk batang, dan layu pada lebih dari 500 jenis tumbuhan. Jamur yang ditularkan melalui tanah ini menyerang tanaman pada semua tahap pertumbuhan, termasuk bibit, tanaman dewasa serta hasil panen. Berbagai usaha yang telah dilakukan untuk mengendalikan jamur ini diantaranya adalah dengan menggunakan fungisida sintetis atau kimiawi yang secara terus-menerus dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan dan lingkungan. Dengan diketahui adanya tumbuh-tumbuhan yang mengandung senyawa antifungi, maka dapat digunakan sebagai fungisida alami. Salah satunya adalah ekstrak daun Hyptis suaveolens yang megandung bahan antifungi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh ekstrak daun H. suaveolens dalam menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii dan untuk mengetahui konsentrasi ekstrak daun H. suaveolens yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-April 2018 di Laboratorium Penelitian Terpadu Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pemberian ekstrak daun H. suaveolens dengan konsentrasi 0%, 5%, 10%, 15% dan 20%. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan sidik ragam (ANOVA) dengan uji lanjut Duncan’s New Multiple Range Test (DNMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun H. suaveolens mampu menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii. Konsentrasi ekstrak daun H. suaveolens yang paling efektif dalam menghambat pertumbuhan jamur S. rolfsii adalah pada konsentrasi 15% dengan persentase penghambatan 58%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:24
Last Modified: 31 Oct 2019 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23913

Actions (login required)

View Item View Item