Isolasi Bakteri Endofit dari Daun TumbuhaAndaleh (Morus macroura Miq.) dan Uji Potensinya sebagai Penghasil Senyawa Antimikroba

Putri, Moca Faulina (2018) Isolasi Bakteri Endofit dari Daun TumbuhaAndaleh (Morus macroura Miq.) dan Uji Potensinya sebagai Penghasil Senyawa Antimikroba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MOCA_FAULINA_PUTRI_14032021_3353_2018.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Bakteri endofit adalah bakteri yang bersimbiosis mutualisme didalam jaringan tumbuhan. Tumbuhan Andaleh termasuk genus Morus yang berpotensi sebagai tumbuhan obat. Namun, keberadaan tumbuhan Andaleh menjadi langka karena sulitnya tumbuhan melakukan reproduksi secara generatif dan faktor lingkungan. Bakteri endofit dapat dimanfaatkan sebagai penghasil senyawa antimikroba. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bakteri endofit dari daun Andaleh dan uji potensinya sebagai penghasilkan senyawa antimikroba. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus 2017 sampai januari 2018 di Laboratorium Penelitian Biologi Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Bakteri endofit diisolasi dengan metode streek plate. Identifikasi bakteri endofit secara makrokopis dan mikroskopis. Uji potensi senyawa antimikroba menggunakan metode difusi inokulasi titik. Hasil isolasi dari daun tumbuhan Andaleh didapatkan 17 isolat bakteri endofit. Empat belas isolat bakteri endofit yang diisolasi dari daun Andaleh merupakan bakteri Gram positif dan tiga isolat adalah bakteri Gram negatif dengan bentuk sel berupa bacil atau coccus. Didapatkan 8 isolat bakteri endofit yang memiliki potensi sebagai penghasil senyawa antimikroba (D 1.1, D 2.1, D 3.1, D 2C, JD 2B, JD 1.1.10-4, JD 1.1.10-6,dan JD 2.1.10-6). Kedelapan isolat bakteri endofit memiliki kemampuan yang berbeda dalam menghambat pertumbuhan beberapa mikroba uji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:24
Last Modified: 31 Oct 2019 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23909

Actions (login required)

View Item View Item