Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Teknik Hidroponik

Syafrina, Mardhatillah (2018) Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. terhadap Pertumbuhan Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) Dengan Teknik Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MARDHATILLAH_SYAFRINA_14032019_3460_2018.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan tanaman subtropis yang pada saat ini sudah dibudidayakan di Indonesia, karena sempitnya lahan pertanian mengakibatkan masyarakat sulit untuk melakukan kegiatan bercocok tanam pakcoy. Inovasi yang dapat dijadikan solusi adalah dengan cara bercocok tanam secara hidroponik. Hidroponik merupakan metode bercocok tanam dengan menggunakan air yang berisi larutan nutrisi seperti pupuk organik cair, salah satunya adalah Sargassum sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar Sargassum sp. terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) dengan teknik hidroponik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai Mei 2018, di Laboratorium Penelitian dan Rumah Kawat Biologi FMIPA UNP. Perlakuan ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 6 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter pengamatan utama meliputi Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun (helai), Luas Daun (cm2), Berat Basah Tanaman (g) dan Berat kering Tanaman (g), sedangkan parameter penunjang meliputi pengukuran pH larutan, pengukuran suhu larutan dan pengukuran konsentrasi larutan. Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varians (ANOVA) dan di uji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan bahwa pupuk organik cair Sargasssum sp. memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata, tapi tidak sesuai harapan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman pakcoy (Brassica rapa L.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:24
Last Modified: 31 Oct 2019 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23908

Actions (login required)

View Item View Item