Pengaruh Pemberian Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) terhadap Jumlah Eritrosit dan Kadar Hemoglobin Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia Melalui Induksi Natrium Nitrit (NaNO2)

Hasanah M, Laila (2018) Pengaruh Pemberian Jus Rumput Gandum (Triticum aestivum L.) terhadap Jumlah Eritrosit dan Kadar Hemoglobin Mencit Jantan (Mus musculus L.) Anemia Melalui Induksi Natrium Nitrit (NaNO2). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_LAILA_HASANAH_M._14032038_3523_2018.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

Anemia merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang paling umum dijumpai di Indonesia. Salah satu penyebab anemia adalah karena kadar zat besi (Fe) dalam tubuh sangat rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi defisiensi Fe adalah dengan mengkonsumsi bahan pangan yang banyak mengandung Fe. Salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan Fe yang tinggi adalah rumput gandum (Triticum aestivum L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus rumput gandum terhadap jumlah eritrosit dan kadar Hb (hemoglobin) mencit jantan (Mus musculus L.) anemia melalui induksi Natrium Nitrit (NaNO2). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan (K1: tanpa NaNO2 dan JRG (Jus Rumput Gandum), K2: diberi NaNO2 tanpa diberi JRG, P1: JRG 25%, P2: JRG 50%, dan P3: JRG 75%) dengan 5 ulangan. Parameter yang diamati adalah jumlah eritrosit dan kadar Hb mencit jantan sebelum dan sesudah diberi jus rumput gandum. Data dianalisis menggunakan Analisis Sidik Ragam (ANOVA), dilanjutkan dengan uji lanjut BNT dengan taraf 5%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberian jus rumput gandum selama 14 hari dapat berpengaruh terhadap peningkatan jumlah eritrosit dan kadar Hb mencit jantan. Perlakuan yang paling berdampak nyata adalah pada dosis tertinggi yakni P3 (JRG 75%) karena dapat meningkatkan jumlah eritrosit menjadi 12,22x106/mm3 dan kadar Hb menjadi 13,64 g/dL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:24
Last Modified: 31 Oct 2019 06:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23906

Actions (login required)

View Item View Item