Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Teknik Hidroponik

Maulud, Husnil (2018) Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. Terhadap Pertumbuhan Tanaman Selada (Lactuca Sativa L.) dengan Teknik Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_HUSNIL_MAULUD_14032045_3404_2018.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Sargassum sp. merupakan alga coklat yang pemanfaatannya belum maksimal. Jika diolah tumbuhan tersebut dapat menghasilkan pupuk organik cair (POC) yang dapat digunakan dalam pertanian, salah satunya pada pertanian dengan teknik hidroponik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar Sargassum sp. terhadap pertumbuhan tanaman selada (Lactuca sativa L.) dengan ternik hidroponik. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Penelitian Biologi dan Rumah Kawat Biologi FMIPA Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yaitu berbagai dosis POC berbahan dasar Sargassum sp. dengan perlakuan yaitu perlakuan A (6 mL/L), B (8 mL/L), C (10 mL/L), D (12 mL/L), E (14 mL/L), dan pupuk cair AB mix atau perlakuan F (10 mL/L). Data yang diperoleh dianalisis dengan uji ANOVA dan diuji lanjut dengan uji DNMRT pada taraf nyata 5%. Parameter yang diamati yaitu parameter utama terdiri dari tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, berat segar serta berat kering tanaman, dan parameter penunjang terdiri dari pengamatan terhadap pH, suhu serta konsentrasi larutan nutrisi. Hasil penelitian menunjukkan berbagai konsentrasi nutrisi larutan hidroponik pupuk organik cair (POC) berbahan dasar Sargassum sp. memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata, tapi tidak sesuai harapan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman Selada (Lactuca sativa L.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:42
Last Modified: 30 Oct 2019 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item