Pengaruh Pemberian Katekin Gambir (Uncaria gambir Roxb.) terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Mencit ( Mus musculus L.) Jantan yang Diinduksi Aloksan

Juliarman, Habib (2018) Pengaruh Pemberian Katekin Gambir (Uncaria gambir Roxb.) terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Mencit ( Mus musculus L.) Jantan yang Diinduksi Aloksan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_HABIB_JULIARMAN_14032017_3300_2018.pdf

Download (283kB) | Preview

Abstract

Diabetes melitus merupakan penyakit yang di tandai oleh tingginya kadar gula dalam darah. Hiperglikemi menyebabkan peningkatan stres oksidatif yang diikuti oleh penurunan sistem pertahanan antioksidan, sehingga terjadi ketidakseimbangan antara stres oksidatif dan pertahanan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian katekin gambir (Uncaria gambir) terhadap kadar gula darah mencit (Mus musculus) jantan yang diinduksi aloksan. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan 5 perlakuan dan 5 ulangan terdiri dari mencit normal tanpa diberi perlakuan sebagai kontrol negatif (P1), mencit yang diinduksi aloksan 224 mg/kg BB sebagai kontrol positif (P2), aloksan dan katekin gambir (Uncaria gambir) 7 mg/kg BB (P3), aloksan dan katekin gambir (Uncaria gambir) 14 mg/kg BB (P4), dan katekin gambir (Uncaria gambir) 28 mg/kg BB (P5). Parameter yang diamati adalah kadar gula darah mencit setelah diinduksi katekin gambir (Uncaria gambir) Data diolah menggunakan Analysis of Varians (ANOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pemberian katekin gambir (Uncaria gambir) selama 7 hari tidak berpengaruh terhadap penurunan kadar gula darah mencit jantan. Peningkatan gula darah dapat disebabkan faktor internal maupun eksternal. Selain itu ketidakmampuan katekin gambir (Uncaria gambir) bekerja sendiri untuk menghasilkan efek kumulatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:42
Last Modified: 30 Oct 2019 04:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23896

Actions (login required)

View Item View Item