Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI MAN 3 Padang

Saimah, Tsani (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Apresiatif dengan Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI MAN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Tsani_Salmah_15016055_3564_2019.pdf

Download (757kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut.Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan membaca apresiatif siswa kelas XI MAN 3 Padang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Padang. Ketiga, menganalisi korelasi antara keterampilan membaca apresiatif dan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Padang.. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain penelitian adalah korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI MAN 3 Padang yang terdaftar pada tahun aj aran 2018/2019 berjumlah 250 orang. Sampel penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling 20% dari populasi diperoleh 49 siswa. Variabel penelitian adalah keterampilan membaca apresiatif sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai variabel terikat (Y). Data penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan membaca apresiatif dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Padang. Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk mengumpulkan data keterampilan membaca apresiatif dan tes unjuk kerja untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen.Uji persyaratan analisis data penelitian ini ada dua, uji normalitas data dan homogenitas. Teknik penganalisisan data penelitian ini ada sembilan langkah. Pertama, pemberian skor untuk tes objektif. Kedua, pemberian skor tes unjuk kerja. Ketiga, mengubah skor menjadi nilai. Keempat, menafsirkan nilai variable X dan Y baik secara keseluruhan maupun per indikator berdasarkan rata-rata hitung. Kelima, mengelompokkan nilai secara keseluruhan dan per indikator ke dalam tabel dengan menggunakan skala 10. Keenam, membuat diagram batang. Ketujuh, mengkorelasikan keterampilan membaca apresiatif dan keterampilan menulis teks cerpen . Kedelapan, pengujian keberartian hipotesis. Kesembilan, menganalisis dan menyimpulkan hasil pembahasan dengan cara mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca apresiatif dengan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI MAN 3 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:08
Last Modified: 30 Oct 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23892

Actions (login required)

View Item View Item