Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) dengan Teknik Hidroponik

Nastika, Ansel (2018) Pengaruh Pupuk Organik Cair Berbahan Dasar Sargassum sp. Terhadap Pertumbuhan Tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir) dengan Teknik Hidroponik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_ASNEL_NASTIKA_14032002_3474_2018.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

Kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.) merupakan salah satu jenis tanaman kangkung yang cukup mudah untuk dibudidayakan tetapi karena sempitnya lahan pertanian di perkotaan mengakibatkan masyarakat sulit untuk melakukan kegiatan bercocok tanam kangkung. Ada alternatif lain untuk memanfaatkan lahan sempit sebagai usaha untuk mengembangkan hasil pertanian organik yaitu secara Hidroponik. Banyak jenis nutrisi yang dapat digunakan dalam metode Hidroponik seperti pupuk organik cair. Salah satu bahan yang berpotensi baik sebagai bahan pupuk organik cair adalah Sargassum sp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk organik cair berbahan dasar Sargassum sp. terhadap pertumbuhan tanaman Kangkung Darat (Ipomoea reptans Poir.) dengan teknik Hidroponik. Merupakan penelitian eksperimen dilakukan pada bulan Desember 2017 sampai April 2018 di laboratorium penelitian dan rumah kawat Biologi FMIPA UNP. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu A (6 mL), B (8 mL), C (10 mL), D (12 mL), E (14 mL) dan pupuk cair AB mix atau perlakuan F (10 mL). Parameter pengamatan utama meliputi Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun (helai), Luas Daun (cm2), Berat Basah Tanaman (g) dan Berat Kering Tanaman (g) sedangkan parameter penunjang meliputi pengukuran pH, Suhu dan Konsentrasi larutan. Data dianalisis menggunakan uji Analisis of Varians (ANOVA) dan diuji lanjut dengan DNMRT pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan berbagai konsentrasi larutan nutrisi hidroponik POC berbahan dasar Sargassum sp. memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata, tapi tidak sesuai harapan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman kangkung darat (Ipomoea reptans Poir.).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 30 Oct 2019 04:08
Last Modified: 30 Oct 2019 04:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item View Item