Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang

Cahyani, Putty Amalia Regita (2019) Penyelenggaraan Kegiatan Lapak Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk Meningkatkan Minat Baca Anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_Putty_Amalia_Regita_Cahyani_16026053_4075_2019.pdf

Download (890kB) | Preview

Abstract

Dalam makalah ini dibahas tentang penyelenggaraan kegiatan lapak baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk meningkatkan minat baca anak Sekolah Dasar di Padang Panjang. Tujuan penulisan makalah ini adalah: ( 1) mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan lapak baca yang dibuat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang Panjang untuk meningkatkan minat baca anak sekolah dasar di Padang Panjang; (2) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan kegiatan lapak baca; (3) mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala yang dihadapi. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan makalah tugas akhir ini adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengamatan langsung. Adapun tahapan penyelenggaraan kegiatan lapak baca yaitu: (1) perencanaan, pada tahap ini perpustakaan menentukan jadwal sekolah mana yang akan di datangi dan mengirimkan surat ke sekolah tersebut; (2) pelaksanaan kegiatan, prosedur pelaksanaannya: (a) tim pertama-tama menemui pihak sekolah untuk berkoordinasi apakah kegiatan ini bisa dimulai; (b) salah satu staf menjadi pembawa acara untuk memberitahu prosedur acara,dan staf lain menertibkan anak-anak; (c) staf membagikan buku,satu buku unuk 1 anak; ( d) tim membiarkan anak-anak untuk membaca kurang lebih 15 menit dan memberi tantangan apabila ada yang berani maju untuk menceritakan kembali apa yang mereka baca akan diberi penghargaan; (e) pemberian penghargaan. Kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan kegiatan lapak baca yaitu: (1) bahan bacaan banyak yang sudah rusak seperti robek; (2) kurangnya tenaga pustakawan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan; (3) adanya bahan bacaan yang tidak sesuai dengan usia siswa (4) cuaca yang tidak menentu. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala terse but: (1) perpustakaan diharapkan melakukan pengadaan pembelian koleksi baru; (2) hendaknya perpustakaan menambah jumlah pustakawan yang diterjunkan untuk penyelenggaraan kegiatan lapak baca, atau perpustakaan membuka lowongan pekerjaan; (3) hendaknya sebelum menyelenggarakan kegitan lapak baca, tim memeriksa kembali buku yang akan dibawa. (4) perpustakaan dapat mengundur kegiatan lapak baca ke hari lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23863

Actions (login required)

View Item View Item