Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Film Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang

Sukardi, Icha Putri (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhadap Keterampilan Menulis Teks Ulasan Film Siswa Kelas XI SMAN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Icha_Putri_Sukardi_15016106_3892_2019.pdf

Download (774kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang sebelum menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang sesudah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 7 Padang yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 332 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 33 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks ulasan film sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA N 7 Padang. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks ulasan film sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audiovisual. Hasil penelitian disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks ulasan film sebelum menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA N 7 Padang berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan rata-rata 49.7 5. Kedua, keterampilan menulis teks ulasan film sesudah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual siswa kelas XI SMA N 7 Padang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 67.42. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks ulasan film siswa kelas XI SMA N 7 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23862

Actions (login required)

View Item View Item