Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan

Putri, Hervania Nanda (2019) Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Hervania_Nanda_Putri_15016088_3868_2019.pdf

Download (855kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan sebelum menggunakan model problem based learning. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan sesudah menggunakan model problem based learning. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest and posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan yang terdaftar tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 177 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes menulis teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning. Hasil penelitian ini ada tiga, yaitu sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks ekspalansi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sebelum menggunakan Model Problem Based Learning berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan nilai rata-rata 70,67. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan sesudah menggunakan Model Problem Based Learning berada pada kualifikasi Baik Sekali (BS) dengan nilai rata-rata 86,86. Ketiga,berdasarkan uji-t, hipotesis altematif (H1) diterima pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = n - 1 karena thitung>ttabel, yaitu 8,56> 1,71. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Solok Selatan. Oleh karena itu, teknik ini dapat dijadikan sebagai salah satu altematif model pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi di tingkat SLTP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23860

Actions (login required)

View Item View Item