Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Monica, Lidia (2019) Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Lidia_Monica_15016115_3760_2019.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a) tindak tutur, (b) jenis tindak tutur, (c) tindak tutur direktif, (d) fungsi tindak tutur direktif, (e) bentuk tindak tutur direktif, (f) strategi bertutur, (g) kesantunan berbahasa, (h) konteks bertutur, (i) proses belajar mengajar, dan (j) situasi tutur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur direktif dan strategi bertutur guru mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa di Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik rekam, dan catat.Teknik pengabsahan data yang digunakan dalam penelitian mi ada dua, yaitu ketekunan dan uraian nnci ( Thick Description).Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut. Pertama, mentranskip tindak tutur direktif guru dalam proses belajar mengajar di kelas yang telah direkam berupa data lisan. Kedua, menginventariskan tindak tutur direktif apa saja yang digunakan guru saat proses belajar mengajar berlangsung. Ketiga, mengklasifikasi data berdasarkan tindak tutur, strategi bertutur, kesantunan bertutur. Keempat, melakukan penganalisisan terhadap data yang didapat. Kelima, melakukan penyimpulan terhadap data berdasarkan basil penganalisisan data. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru bahasa indonesia dalam PBM di kelas VII SMP Negeri 31 Padang terdapat 105 tuturan. Tindak tutur yang dominan digunakan di kelas VII SMP Negeri 31 Padang adalah tindak tutur menyuruh. Kedua, fungsi tindak tutur direktif di kelas VII SMP Negeri 31 Padang terdapat 15 3 tuturan. Fungsi tindak tutur yang dominan digunakan adalah fungsi tindak tutur pertanyaan. Ketiga, strategi bertutur guru bahasa Indonesia dalam PBM di kelas VII SMP Negeri 31 Padang terdapat 156 strategi. Strategi bertutur yang dominan digunakan adalah strategi bertutur terns terang tanpa basa-basi yang berjumlah 51 strategi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 29 Oct 2019 03:46
Last Modified: 29 Oct 2019 03:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23859

Actions (login required)

View Item View Item