Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Anatomi Untuk Mahasiswa Keahlian Tata Busana Jurusan llmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas N egeri Padang

Fuadiyah, Hamidatul (2019) Pengembangan Modul Pembelajaran Gambar Anatomi Untuk Mahasiswa Keahlian Tata Busana Jurusan llmu Kesejahteraan Keluarga (IKK) Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas N egeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_HAMIDATUL_FUADIYAH_15075074_3856_2019.pdf

Download (505kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hasil analisis mahasiswa dan dosen di Ilmu Kesejahteraan Keluarga (IKK), melalui analisis permasalahan dasar, analisis mahasiswa, analisis tugas, dan analisis tujuan ditemukan bahwa kurangnya media yang mendukung mahasiswa belajar mandiri dalam menggambar anatomi. Oleh karena itu, pengembangan modul bertujuan sebagai media tambahan sebagai altematif sarana dalam membantu proses pembelajaran yang dapat memaksimalkan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa, memberikan pembelajaran langsung pada mahasiswa belajar mandiri, dan hasil belajar dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan mahasiswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam upaya pengembangan ini adalah menghasilkan modul yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari Analisis (Analysis), Rancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Validasi modul dilakukan oleh 2 orang validasi media, 1 orang validasi bahasa, dan 2 orang validasi materi. Subjek penelitian yaitu 1 orang dosen pembina mata kuliah, 10 orang mahasiswa untuk uji kelompok kecil dan 21 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok besar. Data penelitian adalah data primer dari angket penelitian dan data sekunder dari wawancara dan observasi yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berupa modul gambar anatomi dengan analisis data nilai uji validitas diperoleh nilai 86,46% dengan kriteria valid, uji praktikalitas kelompok kecil didapatkan nilai 85% dengan kriteria praktis, nilai praktikalitas oleh dosen 95,83% dengan kriteria sangat praktis, dan praktikalitas oleh mahasiswa kelompok besar 86% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan modul gambar anatomi untuk mahasiswa tata busana yang dikembangkan valid dan sangat praktis, dengan demikian modul telah layak untuk dijadikan media pembelajaran di IKK FPP UNP. Kata kunci: Modul, GambarAnatomi, Pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Oct 2019 07:01
Last Modified: 28 Oct 2019 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23843

Actions (login required)

View Item View Item