Kontribusi Penguasaan Unsur Intrinsik Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi

Sandri, Yunita (2019) Kontribusi Penguasaan Unsur Intrinsik Teks Cerpen terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yunita_Sandri_15016139_2833_2019.pdf

Download (798kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan penguasaan unsur intrinsik teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi penguasaan unsur intrinsik teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi. Teori yang berhubungan dengan penelitian ini adalah teori tentang (a) keterampilan menulis teks cerpen, (b) unsur intrinsik teks cerpen, dan (c) penguasaan unsur intrinsik teks cerpen. Variabel dalam penelitian ada dua, yaitu penguasaan unsur intrinsik teks cerpen sebagai Variabel X dan keterampilan menulis teks cerpen sebagai Variabel Y. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi yang terdaftar pada tahun aj aran 2018/2019, yaitu 311 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 10% dari populasi, yaitu 30 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes penguasaan unsur intrinsik teks cerpen dan skor hasil tes keterampilan menulis teks cerpen. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif untuk mengukur penguasaan unsur intrinsik teks cerpen dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks cerpen. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, penguasaan unsur intrinsik teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittingi berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77,67. Kedua, keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi berada pada kualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata 74,07. Ketiga, terdapat kontribusi penguasaan unsur intrinsik teks cerpen terhadap keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi sebesar 66,26%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penguasaan unsur intrinsik teks cerpen berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks cerpen. Dengan demikian, untuk terampil menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bukittinggi, diperlukan penguasaan unsur intrinsik yang baik pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:34
Last Modified: 25 Oct 2019 02:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23818

Actions (login required)

View Item View Item