Husnalia, Hidayatul (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Deskripsi dengan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_01_Hidayatul_Husnalia_15016089_2785_2019.pdf Download (719kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 192 siswa yang tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil 25% dari populasi, yaitu 48 orang siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks deskripsi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga basil penelitian sebagai berikut. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata bitung sebesar 81,35. Kedua, keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari pcrolehan rata-rata hitung sebesar 77,15. Ketiga, terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang. Berdasarkan basil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks deskripsi dengan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 33 Padang pada derajat kebebasan n-1 dan taraf signifikan 95%. Jadi, disimpulkan bahwa semakin tinggi keterampilan membaca pernahaman teks deskripsi siswa, semakin tinggi pula keterampilan menulis teks deskripsi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:34 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:34 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23817 |
Actions (login required)
View Item |