Profil Usaha Salon Kecantikan Tipe Pratama di Kota Padang.

Marsendy, Emylda (2019) Profil Usaha Salon Kecantikan Tipe Pratama di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_EMYLDA_MARSENDY_15078002_3410_2019.pdf

Download (501kB) | Preview

Abstract

Salon merupakan bisnis yang menguntungkan, mereka menganggap makin ke depan bisnis salon dan kecantikan semakin maju. Karena sekarang ini, salon sudah menjadi kebutuhan pokok yang hams dipenuhi sebagai tempat perawatan dan kecantikan tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil usaha salon kecantikan di Kota Padang yang dilihat dari a) kualitas sumber daya manusia (SDM), b) etika profesi karyawan, c) sarana dan prasarana yang digunakan dan d) jenis pelayanan yang diberikan. J enis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pimpinan dan karyawan salon kecantikan yang terdaftar di Kantor P2T Kota Padang yang berjumlah 14 orang dan semua dijadikan sampel (total sampling). Teknik pengambilan data adalah munggunakan angket (kuesioner) yang disesuaikan dalam bentuk skala Guttmann dan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisa data menggunakan rumus persentase dan pengkategorian. Berdasarkan hasil penelitian diketahui Tingkat capaian responden tentang kualitas sumber daya manusia dengan nilai TCR (71,42%) sedang, tingkat capaian responden tentang etika profesi karyawan dengan nilai TCR (76,67%) sedang, tingkat capaian responden tentang jenis pelayanan dengan nilai TCR(9 l ,32%) sangat baik dan terdapat 6 peralatan yang belum dapat penuh disediakan oleh seluruh salon kecantikan jenis pratama di Kota Padang, terdapat 5 standar bangunan yang belum dapat penuh dimiliki oleh seluruh salon kecantikan yang ada di Kota Padang dan seluruh standar air bersih yang telah penuh dimiliki oleh seluruh salon kecantikan. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan sumber informasi dan masukan bagi pemilik Salon untuk demi kejayaan salon di masa depan dan mampu memperbaiki dengan segera segala kekurangan-keurangan yang ada di salon sehingga responden yang berkunjung menjadi puas dan bemiat untuk kembali lagi pada suatu saat. Kata kunci: salon tipe prtamta, usaha salon kecantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 25 Oct 2019 01:01
Last Modified: 25 Oct 2019 01:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item View Item