Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kaba Sabai Nan Aluih Karya M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu dan implikasinya dalam Pembelajaran Teks Cerita Rakyat SMA

Maresta, Nella (2019) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Kaba Sabai Nan Aluih Karya M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu dan implikasinya dalam Pembelajaran Teks Cerita Rakyat SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Nella_Maresta_15016047_3494_2019.pdf

Download (783kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Kaba Sabai Nan Aluih karya M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan objektif. Data penelitian ini berupa kata-kata, kalimat dan wacana yang menampilkan peristiwa-peristiwa dan tokoh-tokoh yang mengindikasikan nilai- nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Kaba Sabai Nan Aluih Karya M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghulu. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu membaca dan memahami, menginventarisasi, dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai-nilai pendidikan karakter dalam kaba Sabai Nan Aluih dan berpedopan pada membaca apresiasi. Teknik analisis data penelitian ini, yaitu data yang telah berkumpul dan diklasifikasi, selanjutnya di analisis berdasarkan teori. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam kaba Sabai Nan Aluih karya M. Rasyid Manggis Dt. Rajo Penghuku ditemukan. Pertama, empat nilai pendidikan karakter jujur, dengan indikator bersikap jujur, baik dalam perkataan maupun perbuatan, tidak berbuat curang, berkata atas asar kebenaran, menepati janji,. Kedua, empat belas nilai pendidikan karakter kerja keras dengan indikator berusaha sekuat tenaga, pantang menyerah dan semangat. Ketiga, lima nilai pendidikan karakter Mandiri dengan indikator mampu mengatasi masalah sendiri . Keempat, tujuh nilai pendidikan karakter demokratis dengan indikator bebas mengeluarkan pendapat. Kelima, lima nilai pendidikan karakter cinta damai dengan indikator menghindari tawuran, berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan, penyayang, berjiwa besar. Keenam, empat nilai pendidikan karakter peduli sosial dengan indikator ikut menyumbang bagi orang yang terkena bencana dan membantu orang yang membutuhkan. Ketujuh, lima belas nilai pendidikan karakter tanggung jawab dengan indikator mempertanggung jawabkan perkataan dan perbuatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:54
Last Modified: 24 Oct 2019 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23785

Actions (login required)

View Item View Item