Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Menginap di Hotel Daima Padang.

Finora, Randanisya Tera (2019) Pengaruh Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Menginap di Hotel Daima Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_RANDANISYA_TERA_FINORA_15135142_3045_2019.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal dari hasil pengamatan penulis terhadap platform online yang dimiliki Hotel Daima Padang, yaitu adanya komentar positif dan negatif pada online travel agent, adanya informasi mengenai hotel dan review oleh tamu yang telah menginap di Hotel Daima Padang, serta tidak stabilnya tingkat hunian kamar hotel berdasarkan jumlah tamu individu yang menginap di Hotel Daima Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Daima Padang. Peneliti menemukan adanya masalah diantaranya; 1) Adanya komentar positif dan negatif mengenai Hotel Daima Padang yang ditulis oleh tamu pada situs online travel agent. 2) Penilaian Hotel Daima Padang dibandingkan dengan hotel bintang 3 lainnya di kota Padang memiliki nilai rendah dalam penilaian tamu berdasarkan online travel agent. 3) Tingginya persaingan Hotel di Kota Padang dengan banyaknya hotel-hotel barn bintang tiga seperti Hotel Amaris, Hotel Fave, Hotel Whiz Prime, Hotel Imelda, yang bermunculan di Kota Padang 4) Tidak stabilnya tingkat hunian kamar di Hotel Daima Padang 5) Jumlah tamu Individu yang menginap di Hotel Daima Padang mengalami penurunan pada bulan Januari dan Februari 2019. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 orang diambil menggunakan teknik pengambilan purposive sampling. Data penelitian ini menggunakan data primer untuk variabel electronic word of mouth dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan komunikasi secara tidak langsung melalui kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan bantuan Program Komputer SPSS versi 20.00. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil sebagai berikut: (1) Electronic word of mouth berada pada kategori baik (84,21%) (2) keputusan menginap berada pada kategori baik (67,37%) (3) Pengaruh electronic word of mouth terhadap keputusan menginap di Hotel Daima Padang 19,1 % sedangkan 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F 22,173 dengan sig 0.000 < 0.05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwasanya Ha diterima dan HO ditolak dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara electronic word of mouth dengan keputusan menginap di Hotel Daima Padang, dan diperoleh koefisien regresi sebesar 0,366 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan Ewom akan meningkatkan 0,366 satuan keputusan menginap. Kata kunci : Electronic Word Of Mouth, Keputusan Menginap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Oct 2019 02:54
Last Modified: 24 Oct 2019 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23768

Actions (login required)

View Item View Item