Komparasi Keterampilan Menulis Teks Cerpen Menggunakan Teknik Copy The Master dan Teknik Mind Mapping Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang

Safitri, Ramadani (2019) Komparasi Keterampilan Menulis Teks Cerpen Menggunakan Teknik Copy The Master dan Teknik Mind Mapping Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Ramadani_Safitri_15016072_2993_2019.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hal-hal berikut. Pertama, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang. Kedua, mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang dengan menggunakan teknik copy the master dan teknik mind mapping. Ketiga, menganalisis perbedaan antara keterampilan menulis teks cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang berdasarkan teknik copy the master dan teknik mind mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang yang berjumlah 71 orang. Data penelitian ini diperoleh melalui teks unjuk kerja. Tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis teks cerpen dengan menggunakan teknik copy the master dan teknik mind mappping. Penganalisisan data dilakukan dengan secara deskriptif komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut ini. Pertama, keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master berada pada kualifikasi baik (82.07). Kedua, keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik mind mapping berada pada kualifikasi baik sekali (88.26). Ketiga, terdapat perbedaan antara keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master dan teknik mind mapping siswa kelas XI SMA Negeri 2 Padang Panjang pada taraf signifikan 95% dengan derajat kebebasan n-1 yaitu thitung yang diperoleh = 9 dan ttabel = 11 dalam arti thitung lebih kecil dari ttabel yaitu 9 < 11. J adi, untuk penelitian komparasi keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master dan teknik mind mapping, hasil yang ditemukan adalah keterampilan menulis teks cerpen siswa menggunakan teknik mind mapping lebih baik dari pada dari pada hasil keterampilan menulis teks cerpen menggunakan teknik copy the master.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:03
Last Modified: 23 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item