Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Padang

Sapitri, Y ohana (2019) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Yohana_Sapitri_15016056_3434_2019.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 14 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 273 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 40 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Ketiga, keterampilan membaca pemahaman memiliki korelasi yang signifikan dengan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 14 padang sebesar 76%, sedangkan sisanya sebesar 24% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam peneltian ini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkorelasi dengan keterampilan menulis teks eksplanasi. Semakin baik keterampilan membaca maka akan semakin baik pula keterampilan menulis teks eksplanasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:03
Last Modified: 23 Oct 2019 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23752

Actions (login required)

View Item View Item