Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang

Handayani, Rini (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Literasi Sains terhadap Kompetensi Belajar IPA Peserta Didik Kelas VIII SMPN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RINI_HANDAYANI_1301479_4074_2018.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Rendahnya kompetensi belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa permasalahan yang ditemui saat berlangsungnya proses pembelajaran, diantaranya karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam merespon pertanyaan yang diberikan oleh guru, peserta didik kurang merespon pertanyaan dan guru lebih cenderung menggunakan model pembelajaran langsung yang berpusat pada guru. Guru sudah berusaha memudahkan peserta didik memahami materi yaitu dengan cara memberikan contoh yang ada dalam kehidupan. Namun hasilnya masih belum optimal, peserta didik masih cenderung untuk diam, dan hanya menunggu informasi dari gurunya saja. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Jigsaw berbantuan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Jigsaw berbantuan literasi sains terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik Kelas VIII SMPN 7 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan The Static Group Comparison design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang, Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan di kelas yaitu model pembelajaran langsung dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan literasi sains Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar dan penilaian afektif berupa lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t’ karena data terdistribusi normal dan tidak homogen. Hasil uji hipotesis pada kedua kelas sampel, didapatkan bahwa kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw berbantuan literasi sains berpengaruh positif terhadap kompetensi belajar IPA peserta didik kelas VIII SMPN 7 Padang pada ranah kognitif dan afektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 Oct 2019 03:17
Last Modified: 23 Oct 2019 03:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item View Item