"Studi Tentang Penggunaan Pewarna Alam Pada Batik Loempo di Kenagarian Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan".

Hilmi, Nandatul (2019) "Studi Tentang Penggunaan Pewarna Alam Pada Batik Loempo di Kenagarian Ampuan Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan". Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_NADATUL_HILMI_15075028_3857_2019.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya industri yang menggunakan pewama sintetis dibandingkan pewama alam. Namun Pada saat sekarang ini pewama alami telah tegeser penggunaanya oleh zat wama sintetis, dampak dari zat wama sintetis yaitu pencemaran lingkungan dan merusak kulit. Pada penelitian ini yang diteliti adalah penggunaan pewama alam pada batik Loempo. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bahan yang digunakan pada batik Loempo, mendeskripsikan wama yang dihasilkan dari pewama alam yang digunakan oleh batik Loempo, mendeskripsikan teknik pembuatan wama alam dan proses pewamaan batik Loempo. Metode penelitian ini yaitu berupa metode deskriptif kualitatif. Jenis data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisa model interaktif yang berkaitan dengan pokok permasalahan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu bahan yang digunakan oleh batik Loempo yaitu kain sutera dan katun, dan bahan alam yang di gunakan ada 15 zat wama alam, diantaranya gambir, buah kelapa, kunyit, daun pandan, dan kulit manggis. Wama yang dihasilkan gambir menghasilkan wama hitam, kulit buah kelapa menghasilkan wama coklat, kunyit menghasilkan wama kuning keorenan, daun padan menghasilkan wama hijau, kulit manggis menghasilkan wama ungu, merah, dan biru. Teknik pembuatan ekstrak wama alam yaitu dengan cara menimbang bahan alam yang digunakan, ditumbuk, direbus, disaring, dan didinginkan. Proses pewaman dengan menggunakan ekstrak wama alam pada batik Loempo dengan cara dicelup. Proses pencelupan pertam-tama kain direndam dengan TRO (Turkis Redd Oil bahan pelengkap pewamaan yang berbentuk serbuk putih seperti deterjen) biasanya menggunakan Teepol atau deterjen, kemudian baru prosese pencelupan dengan wama alam, selanjutnya pencelupan dengan pengunci (tawas, kapur sirih, tunjung). Kata kunci: PewarnaAlam PadaBatik Loempo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:12
Last Modified: 22 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23711

Actions (login required)

View Item View Item