Pembelajaran Musik Perkusi menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita di SLBN 2 Padang

Devitra, Alvis Candra (2019) Pembelajaran Musik Perkusi menggunakan Media Audio Visual Bagi Siswa Tunagrahita di SLBN 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Alvis_Candra_Devita_15023002_2731_2019.pdf

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran musik perkusi menggunakan media audio visual bagi siswa tunagrahita di SLB N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode desktiptif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis, kamera dan tape rekorder. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah klasifikasi data, klarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya media audio visual dapat menjadikan pembelajaran lebih efektif siswa dari tidak bisa memainkan pola-pola ritmis saat mengikuti lagu Indonesia Raya menjadi bisa, terlihat dengan media audio visual siswa dapat lebih memahami materi pelajaran serta dapat meningkatkan daya ingat siswa dan menjadikan analisa siswa lebih tajam. Memicu terstruktumya materi pelajaran yang disajikan oleh guru, terkelola dan terlaksana sesuai yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Oct 2019 01:12
Last Modified: 22 Oct 2019 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23707

Actions (login required)

View Item View Item