Temo, Anggi Loren and Marlina, Marlina (2019) Pola Asuh Orang Tua dalam Mengembangkan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita Sedang di SLB N 02 Padang. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (2). pp. 165-174. ISSN Print: 2541-2418 dan Online: 2541-2434 (Unpublished)
|
Text
166-Article Text-513-2-10-20190812 8.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua dalam mengembangkan interaksi sosial anak tunagrahita sedang di SLB N 02 Padang, dimana terdapat seorang anak tunagrahita sedang memiliki kemampuan interaksi sosial yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk pola asuh orang tua yang mampu mengembangkan interaksi sosial anaknya yang mengalami tingkat kecerdasan dibawah rata-rata mengakibatkan anak mengalami kesulitan dalam berinteraksi sosial terhadap lingkungan sosial sehingga nantinya dapat dijadikan motivasi bagi setiap orang tua dalam memberikan bentuk pola asuh tepat untuk anaknya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, responden penelitian ini yaitu orang tua anak tunagrahita, anak tunagrahita, saudaranya, masyarakat, dan guru kelas. Agar semua data dapat terkumpul peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah orang tua memiliki tipe pola asuh Authoritative, dimana orang tua memiliki keterbukaan serta mewujudkan kominikasi yang baik terhadap anaknya sehingga membuat interaksi sosial anak tunagrahita sedang menjadi baik dan mampu bergaul dengan lingkunganya.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 19 Oct 2019 04:05 |
Last Modified: | 19 Oct 2019 04:05 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23704 |
Actions (login required)
View Item |