Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang

Rahmawita, Sri (2019) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Fabel terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Sri_Rahmawita_15016130_3551_2019.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan membaca pemahaman teks fabel terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 250 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentutakan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 48 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks fabel dan skor hasil tes keterampilan menulis teks fabel. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu obejktif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks fabel dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks fabel. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 81,31. Kedua,keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 77,26. Ketiga, terdapat kontribusi keerampilan membaca pemahaman teks fabel terhadap keterampilan menulis teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang sebesar 53,29%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks fabel berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks fabel. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks fabel (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis teks fabel (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan membaca pemahaman yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:51
Last Modified: 21 Oct 2019 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23698

Actions (login required)

View Item View Item