Pembinaan Karakter melalui Pembelajaran Tari di SMP Negeri 35 Padang

Aulya, Vinna (2019) Pembinaan Karakter melalui Pembelajaran Tari di SMP Negeri 35 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Vinna_Auliya_15023151_3525_2019.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 35 Padang pada kelas IX yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian yang utama dalam penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan alat pendukung seperti alat tulis dan kamera photo. Pendidikan Karakter merupakan pendidikan yang sangat menekankan pada proses belajar mengajar (PBM) nilai yang diharapkan akan lahir manusia yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap penegakan nilai-nilai kebenaran, keadilan, kemanusiaan dan kemajuan yang merupakan nafas(ruh) dalam kehidupan manusia di bumi ini. Berdasarkan wawancara dengan guru seni budaya (pada tanggal 6 juli 2018) dan beberapa guru di SMP Negeri 35 Padang, mereka mengatakan bahwa anak-anak di sekolah tersebut memang lebih memilih sibuk dengan kegiatannya sendiri, bahkan untuk sopan santun dalam berbicara dan prilaku sangat menyimpang. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa melalui tari muncul karakter- karakter siswa, karakter anak-anak ini dibagi menjadi tiga yaitu: muncul, sebagian muncul dan tidak muncul pada anak. Jadi 8 karakter yang muncul pada anak yaitu religius, jujur, toleransi, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, peduli sosial dan lingkungan. Adapun 6 karakter lain sebagian muncul pada anak, yaitu rasa ingin tahu, disiplin, kerja keras,mandiri, tanggungjawab, kreatif. Sedangakan 4 karakter yang tidak muncul sama sekali dalam pembentukan karakter melalui tari adalah semangat kebangsaan, cinta tanah air, dan gemar membaca. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa seni tari dapat menjadi media dalam membentuk Pembinaan Karakter melalui Pembelajaran Tari sebab didapatkan 8 karakter yang muncul pada setiap anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 21 Oct 2019 01:51
Last Modified: 21 Oct 2019 01:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23697

Actions (login required)

View Item View Item