Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang

Syafitri, Rahmida (2019) Kontribusi Keterampilan Menyimak Pantun terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Rahmida_Syafitri_15016071_2883_2019.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang. Ketiga, mendeskripsikan konstribusi keterampilan menyimak pantun terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang. J enis penelitian adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu sebanyak 277 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 15% dari populasi, yaitu 45 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak pantun dan skor hasil tes keterampilan menulis pantun. Data tersebut diperoleh melalui dua jenis tes yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak pantun siswa dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis pantun siswa. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menyimak pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan nilai rata-rata 77 ,67. Kedua, keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 82,31. Ketiga, terdapat kontribusi keterampilan menyimak pantun terhadap keterampilan menulis pantun siswa kelas VII SMP Negeri 34 Padang sebesar 57,15%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menyimak pantun berkontribusi terhadap keterampilan menulis pantun. Semakin baik keterampilan menyimak pantun (X) akan semakin baik pula keterampilan menulis pantun (Y). Dengan demikian, diperlukan keterampilan menyimak yang baik agar keterampilan menulis juga baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 18 Oct 2019 01:58
Last Modified: 18 Oct 2019 01:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23685

Actions (login required)

View Item View Item