Perbandingan Struktur Cerita Rakyat Legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai Antuan Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Struktur Cerita Rakyat Legenda setempat Batu Galeh di Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto di Atas Kabupaten Solok

Putri, Hesty Triana (2019) Perbandingan Struktur Cerita Rakyat Legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai Antuan Kecamatan Mungka Kabupaten Lima Puluh Kota dengan Struktur Cerita Rakyat Legenda setempat Batu Galeh di Nagari Sulit Air Kecamatan X Koto di Atas Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_Hesty_Triana_Putri_15017064_3910_2019.pdf

Download (918kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai Antuan; (2) struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Galeh di N agari Sulit Air; dan (3) perbandingan struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai Antuan dengan N agari Sulit Air. Jenis penelitian nu adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskripsif Data penelitian adalah struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai dengan struktur cerita rakyat legenda setempat Batu Galeh di N agari Sulit Air. Data dikumpulkan dari informan melalui empat tahap, yaitu: (1) menentukan informan yang diwawancarai; (2) mewawancarai informan; (3) mentranskripsikan tuturan informan; (4) menerjemaahkan hasil transkripsi. Data dianalisis dalam tiga tahap, yaitu: (1) tahap menganalisis data; (2) tahap membandingkan struktur cerita; dan (3) tahap menyimpulkan hasil analisis. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh temuan: (1) struktur cerita rakyat legenda Batu Galeh Sungai Antuan meliputi: (a) penokohan, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; (b) alur cerita merupakan alur konvensional dengan menggunakan tahap awal, tahap tengah, dan tahap akhir; (c) latar dalam cerita meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (d) gaya bahasa mudah djpahami; (e) tema mengenai seorang anak yang di kutuk oleh ibunya; dan (f) amanat cerita rakyat adalah bagaimana keadaan orang tua kita, kita hams mengakuinya. (2) struktur cerita rakyat legenda Batu Galeh Sulit Air meliputi: (a) penokohan, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan; (b) alur cerita merupakan alur konvensional dengan menggunakan tahap awal, tahap tengah .dan tahap akhir; (c) latar dalam cerita meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; (d) gaya bahasa mudah dipahami; (e) tema mengenai seorang anak yang di kutuk oleh ibunya dan; (f) amanat cerita rakyat adalah bagaimana keadaan orang tua kita, kita hams mengakuinya. (3) perbandingan pada tuturan informan, (a) persamaan kedua legenda yaitu pada persamaan judul Batu Galeh, penokohan utama, alur, dan gaya bahasa, (b) perbedaan kedua cerita adalah pada tokoh tambahan dan latar cerita. Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa perbandingan struktur cerita legenda setempat Batu Galeh di Kenagarian Sungai Antuan dan Nagari Sulit Air memiliki perbedaan hanya dari segi penokohan dan latar cerita, sementara unsur yang lain memiliki kesamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Oct 2019 07:35
Last Modified: 16 Oct 2019 07:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23670

Actions (login required)

View Item View Item