Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen Koran Harian Singgalang Periode Januari-April 2019

Hamdani, Syahrul (2019) Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Cerpen Koran Harian Singgalang Periode Januari-April 2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_Syahrul_Hamdani_15016097_2652_2019.pdf

Download (786kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam cerpen koran Harian Singgalang, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang sering muncul di dalam cerpen koran Harian Singgalang, (3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang jarang muncul di dalam cerpen koran Harian Singgalang, dan (4) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang tidak ada di dalam cerpen koran Harian Singgalang, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai pendidikan karakter yang dikaji di dalam cerpen koran Harian Singgalang ditemukan. Pertama,cerpen-cerpen yang terdapat di dalam koran Harian Singgalang mengandung delapan belas nilai pendidikan karakter, yaitu nilai pendidikan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, demokratis, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Kedua, nilai pendidikan karakter yang sering muncul adalah nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif. Ketiga, nilai-nilai pendidikan karakter yang jarang muncul adalah semangat kebangsaan, cinta damai, dan gemar membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap cerpen koran Harian Singgalang periode Januari-April 2019, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, terdapat delapan belas nilai-nilai pendidikan karakter dalam cerpen koran Harian Singgalang dengan jumlah frekuensi data sebanyak 103 data. Kedua, nilai pendidikan yang sering muncul adalah nilai pendidikan karakter bersahabat/komunikatif dengan 16 data. Ketiga, nilai pendidikan karakter jarang jarang mucul adalah nilai pendidikan karakter semangat kebangsaan, nilai pendidikan karakter cinta damai, dan nilai pendidikan karakter gemar membaca dengan masing-masing memiliki 1 data. Keempat, tidak ada nilai pendidikan karakter yang tidak terdapat dalam cerpen koran Harian Singgalang, Kemudian hasil penelitian ini dapat diaplikasikan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IX semester ganjil pada materi pembelajaran teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2019 03:42
Last Modified: 15 Oct 2019 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23654

Actions (login required)

View Item View Item