Pelaksanaan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 3 Padang

Hidayat, Febri (2019) Pelaksanaan Pengembangan Diri Seni Tari di SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Febri_Hidayat_15023127_2476_2019.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi peneliti adalah kurang terlaksananya pengembangan diri seni tari di SMPN 3 Padang karena siswa harus mengikuti les belajar seperti les bahasa inggris dan juga kurangnya sarana dan prasarana seperti tidak adanya speker dan ruangan untuk melaksanakan pengembangan diri seni tari. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Diri Seni Tari di SMPN 3 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskripti£ Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrument pendukung seperti alat tulis dan kamera. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pembinaan oleh guru dalam kegiatan pengembangan diri dan motivasi untuk siswadi SMPN 3 Padang. Terdapat beberapa masalah yang di hadapi dalam pelaksanaan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 3 Padang, salah satunya sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk menunjang kegiatan pengembangan diri disana seperti speaker untuk memutar musik tari. Dalam kasus tersebut peneliti berinisiatif membawa speaker milik sendiri agar siswa dapat melaksanakan pengembangan diri dengan baik tanpa terganggu dengan kurangnya sarana dan prasarana di dalamnya. Kesimpulan pelaksanaan pengembangan diri seni tari di SMP Negeri 3 Padang adalah bentuk kegiatan pengembangan diri yang dianggap sebagai wadah untuk siswa agar bisa mengapresiasikan diri dan mengembangkan minat dan bakatnya sesuai dengan pengembangan diri yang mereka pilih. Tetapi ada beberapa masalah yang di hadapi dalam pelaksanaan pengembangan diri seni tari ini, salah satunya sarana dan prasarana yang kurang memadai untuk menunjang kegiatan pengembangan diri disana seperti speaker untuk memutar music tari dan rungan untuk melaksanakan pengembangan diri seni tari. Dalam kasus tersebut peneliti berinisiatif membawa speaker milik sendiri agar siswa dapat melaksanakan pengembangan diri dengan baik tanpa terganggu dengan kurangnya sarana dan prasarana di dalam melakukan pengembangan diri seni tari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:20
Last Modified: 15 Oct 2019 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23650

Actions (login required)

View Item View Item