Nilai-nilai Tari Indang Tagak dalam Sosial Masyarakat Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan

Agestia, Feby (2019) Nilai-nilai Tari Indang Tagak dalam Sosial Masyarakat Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_Feby_Agestia_15023128_3612_2019.pdf

Download (463kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan nilai-nilai tari Indang Tagak dalam sosial masyarakat di Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif analisis. Instrumen utama penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah pengumpulan data mendeskripsikan data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial yang terdapat pada Tari Indang Tagak adalah nilai material, nilai vital dan nilai kerohanian Tari Indang Tagak berguna bagi manusia. Tari Indang Tagak merupakan suatu kelompok kesenian rakyat di Jorong Sampu Nagari Lubuk Gadang Utara yang selalu dilaksanakan pada saat upacara adat untuk perayaan hari umat Islam. Terciptanya Tari Indang Tagak mengisahkan sejarah untuk menyebarkan agama Islam, gerakan dan nyanyiannya memiliki makna tentang dasar-dasar ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:20
Last Modified: 15 Oct 2019 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/23649

Actions (login required)

View Item View Item